top of page

Strategi Menabung Efektif untuk Generasi Milenial

Bagi sebagian orang, menabung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tak terkecuali juga bagi generasi milenial. Terkadang tuntutan gaya hidup menjadi salah satu faktor penghalang bagi generasi milenial dalam menabung. Padahal memiliki kebiasaan menabung memberikan banyak manfaat kedepannya.


Selain mendapatkan manfaat di masa depan, menabung juga membuat kita lebih menghargai uang, melatih kedisiplinan, hingga menjadi kepribadian yang lebih bertanggung jawab. Maka tidak ada salahnya untuk menabung sejak dini. Berikut beberapa strategi menabung efektif untuk generasi milenial yang dapat diterapkan:


Catat Keuangan Secara Detail

Catatlah seluruh keuangan secara detail, baik pengeluaran ataupun pemasukan. Dengan mencatat keuangan, membantu dalam mengelola keuangan lebih baik. Tujuannya untuk dapat mengetahui kemana perginya penghasilan yang kita buat. Dengan begitu anda dapat menentukan mana pengeluaran yang penting dan tidak.


menabung efektif

Pengeluaran yang tidak penting kemudian dapat dialihkan untuk ditabung. Dengan mencatat pengeluaran, kita juga menjadi tahu berapa banyak biaya yang dibutuhkan dalam satu bulan. Sehingga dapat digunakan untuk menentukan budget bulanan yang ideal dan berusaha untuk tetap membelanjakan uang sesuai dengan budget yang sudah ditentukan.


Tentukan Tujuan Keuangan

Menentukan tujuan keuangan dapat membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dalam menabung. Tujuan keuangan dapat direncanakan untuk jangka waktu panjang maupun pendek. Misalkan menabung untuk dana pensiun, dana pendidikan, dana kesehatan, membeli rumah, mobil, tabungan dana darurat dan lain sebagainya.


Untuk membangun kebiasaan menabung, mulailah dengan menetapkan tujuan keuangan untuk jangka pendek. Misalkan ingin menabung sejumlah uang untuk membeli motor. Kemudian berusahalah untuk memenuhi tujuan keuangan tersebut. Setelah kebiasan menabung mulai terbangun, cobalah untuk menabung untuk jangka panjang.


Mencari Tambahan Penghasilan

Bagi sebagian orang penghasilan yang didapat kadang hanya mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari sehingga tidak bisa menyisihkan uang untuk menabung. Maka dari itu penting untuk mencari tambahan penghasilan lainnya. Misalkan dengan menjadi freelance, berjualan online, menjadi reseller, dan lainnya asal tidak mengganggu pekerjaan utama.


Jangan lupa juga untuk terus mengupgrade skill atau belajar menambah skill baru lainnya. Dengan meningkatkan skill maka tidak menutup kemungkinan dapat membantu untuk naik ke posisi jabatan yang lebih tinggi. Selain itu, skill baru juga membuka peluang untuk bekerja freelance di bidang lain. Dengan pemasukan yang bertambah, maka menabung menjadi lebih mudah.


Memisahkan Rekening

Memiliki dua rekening dapat membantu kita untuk mengontrol pengeluaran, sehingga kesempatan menabung menjadi lebih besar. Buatlah rekening yang dikhususkan untuk pengeluaran kebutuhan sehari-hari. Masukkan uang sesuai dengan budget yang telah ditentukan, dengan begitu pengeluaran menjadi lebih terkontrol.

Sedangkan, rekening satunya dikhususkan untuk menabung. Jangan sekali-kali menggunakan uang di rekening tersebut jika benar-benar darurat. Dengan memisahkan rekening pengeluaran dan tabungan maka membuat kebiasaan menabung menjadi lebih mudah.


Belajar Hidup Hemat

Menabung dapat dimulai dengan belajar hidup hemat. Misalkan dengan membawa bekal dari rumah, mengurangi kebiasan makan dan nongkrong di luar rumah, mengurangi kebiasan berbelanja dan lain sebagainya. Uang yang dihemat tersebut kemudian dapat disisihkan untuk ditabung. Jika kebiasan tersebut sering dilakukan secara konsisten, maka kebiasan menabung menjadi mulai terbentuk.


Kesimpulan

Membangun kebiasaan menabung memang tidak mudah, terlebih bagi orang-orang yang memiliki penghasilan pas-pasan. Namun, jika kebiasan tersebut terus diterapkan secara konsisten maka anda akan merasakan keuntungannya di masa yang akan datang. Maka dari itu, bagi yang belum mulai menabung, lakukanlah mulai sekarang juga.


5 views0 comments

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page