top of page

Keuntungan Memiliki Sertifikat Rumah

Memiliki rumah sendiri memang hal yang menyenangkan dan membanggakan. Akan tetapi, sebelum membeli ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya yaitu masalah sertifikasi rumah. Kepemilikan rumah dapat ditunjukkan dengan adanya sertifikasi rumah, misalkan seperti sertifikat hak milik. Nilai jual sebuah rumah dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lokasi, ukuran, kondisi, fasilitas, dan juga sertifikasi rumah. Sertifikasi rumah umumnya mengacu pada dokumen atau izin yang membuktikan bahwa rumah tersebut memenuhi standar tertentu, baik dari segi konstruksi, keselamatan, dan kelayakan hunian.


sertifikat rumah

Dalam beberapa negara, sertifikasi rumah dapat berhubungan dengan efisiensi energi, keberlanjutan lingkungan, atau faktor-faktor lainnya. Sebab, sertifikat hak milik menunjukkan bukti kepemilikan rumah yang sah. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan terhadap rumah yang ditempati, maka pemilik sertifikat hak milik akan lebih kuat dan diuntungkan di mata hukum. Berikut beberapa keuntungan jika memiliki sertifikat hak milik (SHM).


Kuat di Mata Hukum

Sertifikat rumah merupakan bukti kuat kepemilikan seseorang terhadap rumah. Secara hukum SHM ini lebih kuat pengaruhnya dibanding sertifikat lainnya. Hal ini dikarenakan sudah diatur dalam pasal 20 UUPA yang menyatakan bahwa hak milik atas tanah atau bangunan merupakan hak turun temurun, terkuat, dan terpenuh yang dipunyai orang atas tanah.


Maka dari itu, berdasarkan hal tersebut apabila terjadi suatu sengketa, maka pemilik sertifikat rumah lebih diuntungkan di mata hukum. Akan tetapi, pemilik sertifikat hak milik masih bisa digugat apabila sertifikat tersebut tidak memenuhi syarat atau didapat secara tidak sah.


Nilai Jual Rumah Tinggi

Rumah yang memiliki sertifikat hak milik (SHM) memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Hal ini dikarenakan pemilik akan memiliki banyak keuntungan dan juga membuat pembeli merasa tenang karena terdapat jaminan hukum. Selain itu juga pembeli nantinya akan memiliki kuasa penuh atas rumah yang dibeli.


Status Kepemilikan Penuh

Memiliki sertifikasi rumah memberikan kewenangan penuh untuk segala macam keperluan dalam jangka waktu tidak terbatas. Dalam hal ini juga memberikan kuasa penuh jika pemilik hendak melakukan perubahan pada tempat tinggal mereka. Hal ini berbeda jika pemilik hanya memiliki sertifikasi hak guna bangunan.


Sebab, sertifikasi tersebut membuat pemiliknya hanya memiliki ijin tinggal saja. Pemilik harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh developer terkait, dalam hal ini aturan jika ingin melakukan renovasi. Maka dari itu, sebelum membeli pilihlah rumah yang memiliki sertifikat sesuai dengan apa yang anda butuhkan.


Sertifikat Rumah Dapat Diwariskan

Kepemilikan SHM memiliki kuasa yang tidak ditentukan oleh waktu, sehingga tempat tinggal dapat diwariskan dari generasi ke generasi sesuai hukum yang berlaku apabila pemegang sertifikat sudah meninggal dunia. Sehingga sang pemilik tidak perlu merasa khawatir lagi jika properti mereka berpindah kepada orang yang tidak bertanggung jawab.


Status kepemilikan akan hanya akan berganti jika pemegang sertifikat menjual propertinya kepada pihak lain. Selain itu juga properti dapat diambil alih oleh negara sebagai bentuk hukuman apabila pemilik terbukti melakukan sesuatu yang melanggar hukum.


Dapat Dijadikan Sebagai Aset

Pemilik properti yang memiliki SHM dapat juga dijadikan sebagai aset. Masa depan merupakan hal yang penuh ketidakpastian. Anda bisa saja mendapat suatu permasalahan tidak terduga yang kemudian membutuhkan bantuan finansial. Dalam kondisi tersebut, SHM bisa dijadikan jaminan untuk mengajukan kredit.


Bahkan, penggunaan sertifikat hak milik menjadikan proses pengajuan kredit lebih cepat serta nominal pengajuan yang disetujui lebih tinggi. Selain itu, properti dengan kepemilikan SHM juga bisa menjual, menggadaikan, menyewakan hingga mewakafkan properti mereka.


Kesimpulan

Pada intinya, ada banyak keuntungan yang didapat dengan memiliki sertifikasi rumah. Maka dari itu, sebelum membeli rumah atau suatu properti, pastikan surat kepemilikannya sudah jelas terlebih dahulu. Serta, bagi orang-orang yang propertinya belum memiliki sertifikat hak milik, tidak ada salahnya untuk mulai mengurusnya dari sekarang. Jika Anda sedang mencari perumahan dengan sertifikat hak milik yang jelas dan aman, maka Grand Mekarsari Residence dapat menjadi pilihan bagi Anda.

4 views0 comments

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page