top of page

Inspirasi Ruang Santai Keluarga Minimalis

Ruang santai keluarga menjadi tempat terbaik untuk melepaskan penat setelah seharian lelah bekerja. Di ruangan ini jugalah hampir seluruh anggota keluarga menghabiskan waktu bersama untuk mengobrol, bercengkrama bersama, menonton film dan lainnya. Maka dari itu harus dibuat senyaman mungkin supaya semua anggota keluarga merasa betah.


Ada banyak pilihan desain yang dapat dipilih. Mulai dari konsep ruang santai keluarga minimalis, modern, hingga gaya klasik. Ada juga desain yang cocok diaplikasikan untuk ruangan yang luas maupun yang memiliki ruangan terbatas. Berikut ini beberapa desain ruang keluarga yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi Anda.


Ruang Keluarga Bertema Monokrom

Monokrom adalah warna yang menonjolkan kesederhanaan, biasanya berupa warrna dasar seperti hitam, putih, biru, hijau, dan turunannya. Tema ini akan menghasilkan kesan ruang yang sederhana, bersih, dan elegan. Untuk furniture, pilihlah yang memiliki desain sederhana, bergaya modern dan berbentuk persegi


ruang minimalis

Tambahkan dekorasi yang simple, atau dekorasi tradisional seperti ukiran tangan atau lainnya. Pilihlah barang yang terlihat ramping dan berbentuk kotak. Desain monokrom ini sangat cocok diaplikasikan pada ruang yang terbatas karena akan memberikan kesan luas dan bersih.


Desain Gaya Vintage

Vintage dapat diartikan sebagai sesuatu yang semakin bermakna karena usianya yang sudah lama. Semakin lama barang tersebut, maka akan semakin tinggi nilai karakternya. Gaya vintage akan memberikan kesan elegan pada ruangan. Ciri utama ruang bertema vintage adalah memberikan kesan jadul.


Hal ini bisa didapatkan melalui penggunaan material, furniture, dan dekorasi. Umumnya material berbahan kayu dapat memberikan kesan vintage. Untuk penggunaan warna kebanyakan mengaplikasikan warna hitam, atau warna lembut seperti biru muda, pastel, kuning, aquamarine dan lainnya.


Desain Multifungsi

Desain ini bisa diterapkan bagi yang memiliki ruang terbatas. Desain multifungsi dirancang dengan memanfaatkan ruang kosong menjadi ruang yang dapat digunakan. Beberapa desain juga menggabungkan beberapa ruang. Misalkan ruang keluarga dengan ruang tamu, dapur dan ruang makan dan lainnya. Desain multifungsi juga memanfaatkan space kosong, misalkan ruang bawah tangga dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan.


Desain Skandinavia

Desain skandinavia akan memberikan kesan ruang yang minimalis. Hal ini dikarenakan desain ini berprinsip pada bentuk yang minimalis tanpa elemen dekoratif berlebihan. Ciri dari desain ini adalah memaksimalkan ruang terbuka sehingga dapat memperoleh pencahayaan alami. Contohnya dengan memilih desain jendela berukuran besar.


Perabotan dan dekorasi yang dipilih juga lebih mengedepankan nilai fungsi dan berbentuk minimalis seperti bermotif garis Untuk pemilihan warna, desain skandanivia lebih dominan pada warna netral seperti putih, abu-abu, kuning mustard, biru tua, dan warna kalem lainnya.


Desain Gaya Retro

Gaya desain retro seringkali disamakan dengan vintage yaitu desain yang memberikan kesan jadul. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, desain retro mulai muncul di era 1970 an hingga 1990 an sedangkan vintage dimulai dari era 1020-an hingga 1060-an. Jika vintage menampilkan kesan elegan, maka retro menampilkan kesan hangat dan cerah.


Gaya retro sering mengkombinasikan warna-warna seperti biru, merah, hijau dengan warna putih dan hitam sebagai latar belakangnya. Motif yang dipilih seringkali menggunakan motif sederhana berbentuk kotak atau geometris. Dekorasi yang dipilih biasanya akan menonjolkan suasana yang hangat.


Kesimpulan

Itulah beberapa inspirasi ruang santai keluarga minimalis yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi. Apapun gaya yang diterapkan, hendaknya desain ruangan akan memberikan kesan nyaman yang membuat anggota keluarga merasa hangat dan betah. Jika Anda sedang mecari rumah yang minimalisnamun tetap modern, maka Grand Mekarsari Residence dapat menjadi pilihan utama bagi Anda dan keluarga.


6 views0 comments

Commentaires

Noté 0 étoile sur 5.
Pas encore de note

Ajouter une note
bottom of page