top of page

3 Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Di Dalam Rumah

Memiliki rumah yang indah adalah impian bagi banyak orang. Ada banyak cara untuk menciptakan rumah yang indah, salah satunya dengan menghadirkan tanaman hias di rumah Anda. Tanaman hias tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga menyegarkan udara dan meningkatkan kualitas hidup. Kali ini kita akan membahas 3 tanaman hias yang cocok untuk di dalam ruangan dan bagaimana merawatnya.


Manfaat Tanaman Hias dalam Ruangan

tanaman hias di rumah

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bicarakan manfaat dari memiliki tanaman hias di dalam rumah Anda. Tanaman hias tidak hanya membuat ruangan terlihat lebih segar dan alami, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Tanaman hias membantu menyaring udara dari polusi dan memberikan oksigen tambahan. Selain itu, merawat tanaman hias dapat menjadi kegiatan yang merelaksasi dan menyenangkan.


Tanaman Hias Dalam Ruangan

Pertama, monstera deliciosa. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman deliciosa ini memiliki keunikan dimana daunnya yang berlobus dengan lubang-lubang besar yang memberikan sentuhan estetika yang menarik.


Perawatan Monstera relatif mudah. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam cahaya terang hingga sedang. Penting untuk memastikan pot tanaman ini memiliki sistem drainase yang baik, dan Anda perlu menyiramnya secara teratur, tetapi biarkan tanahnya mengering di antara penyiraman.


Kedua, pothos yang juga dikenal sebagai sirih gantung, adalah tanaman hias lain yang cocok untuk ruangan. Tanaman ini memiliki daun hijau yang lebat dan tumbuh menjuntai, sehingga bisa ditempatkan di atas rak, di dalam pot gantung, atau di meja. Pothos adalah tanaman yang sangat tahan terhadap berbagai kondisi cahaya, membuatnya sangat sesuai untuk ruangan dengan sedikit cahaya matahari.


Merawat Pothos juga mudah. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air, jadi biarkan tanahnya mengering sebelum penyiraman selanjutnya. Pothos dapat membantu membersihkan udara dari berbagai polutan dan membuat ruangan terasa lebih segar.


Ketiga, lavender. Lavender adalah tanaman hias yang sangat populer karena aromanya yang menyenangkan. Meskipun Anda mungkin lebih sering menemui lavender di kebun, sekarang Anda dapat memiliki pot lavender yang indah di dalam rumah Anda. Lavender memberikan aroma yang menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres.


Perawatan lavender memerlukan sinar matahari yang cukup, jadi pastikan untuk menempatkannya di dekat jendela yang mendapat cahaya matahari langsung selama beberapa jam sehari. Jangan terlalu banyak menyiramnya, karena lavender lebih suka tanah yang agak kering. Pot dengan sistem drainase yang baik akan membantu mencegah akumulasi air berlebih.


Perawatan Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Saat merawat tanaman hias di dalam ruangan, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diingat. Pastikan untuk memahami kebutuhan cahaya, air, dan udara segar dari setiap tanaman hias yang Anda miliki. Gunakan pot dengan sistem drainase yang baik, dan pertimbangkan untuk memberi pupuk secara berkala selama musim tumbuh. Selain itu, perhatikan tanda-tanda masalah seperti daun yang menguning, layu, atau berjamur, dan segera ambil tindakan yang diperlukan.


Kesimpulan

Itulah tadi 3 jenis tanaman yang hias di dalam ruangan dan manfaatnya untuk Anda.. Monstera Deliciosa, Pothos, dan Lavender adalah hanya beberapa contoh tanaman hias yang cocok untuk di dalam ruangan. Cobalah untuk menjadikan tanaman-tanaman ini sebagai bagian dari dekorasi rumah Anda.


5 views0 comments

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page